Posted in Power Point

Graph Euler dan Permasalahan Tukang Pos

Teori Graph muncul dari permasalahan jembatan Konigsberg. Konigsberg merupakan kota kecil yang terletak di benua Eropa. Di kota tersebut terdapat pulau kecil dan sungai besar. Kedua Pulau itu dihubungkan oleh beberapa jembatan. Seseorang ingin menelusuri semua jembatan yang ada sedemikian hingga setiap jembatan dilewati tepat sekali. Bisakah hal tersebut dilakukan? Tentu saja tidak, untuk memecahkan permasalahan tersebut kita harus memahami jalan mana saja yang harus dilalui agar semua tempat dilalui dengan jarak minimum?

Itu hanya pengantar awal saat mempelajari teori graph. Aplikasi teori graph dalam kehidupan sehari-hari cukup banyak. Salah satu penerapan teori graph yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah pada permasalahan tukang pos. Seorang Tukang Pos mempunyai tugas rutin mendistribusikan surat. Setiap hari Pak Pos harus berkeliling menelusuri semua jalan dalam suatu daerah untuk mendistribusikan surat-surat. Berangkat dari kantor pos dan kembali ke kantor pos. Mungkinkah Pak Pos menelusuri setiap jalan tepat satu kali? Kalau mungkin, bagaimanakah caranya? Kalau tidak, jalan-jalan manakah yang harus dilewati lebih dari satu agar total jarak yang dia tempuh minimum?

Materi graph yang dapat kita terapkan dalam memecahkan permasalahan tukang pos ini adalah materi graph Euler. Berikut sedikit gambaran permasalahan tukang post ini yang penulis sajikan dalam bentuk power point.

Author:

Simple but Strong Girl.. Belajar dan berbagi banyak hal dalam hidup, menjadikan hidup lebih bermakna.. tidak pernah ada yang sia-sia dalam hidup, selama bersyukur masih menjadi penguatmu..

One thought on “Graph Euler dan Permasalahan Tukang Pos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s