Posted in Power Point

The Area of Parallelogram

s

Konsep bangun segi empat perlu dikenalkan sejak awal kepada siswa. Ada beberapa macam bangun segi empat, yaitu persegi, persegi panjang, jajargenjang, trapesium, belah ketupat, dan layang-layang. setiap siswa perlu memahami dan membedakan bangun-bangun segiempat tersebut berdasarkan sifat-sifat yang dimilikinya. Salah satu bangun segi empat yang mulai diajarkan kepada siswa sekolah dasar adalah jajargenjang. Jajargenjang mulai diperkenalkan kepada siswa ketika mereka berada di kelas 4. Di jenjang ini, mereka mulai mempelajari beberapa sifat dan bagaimana menemukan rumus luas dan keliling jajargenjang kemudian menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Pada tulisan kali ini, akan dipaparkan bagaimana mengajarkan rumus luas jajargenjang kepada siswa kelas 4 sekolah dasar. Di sini, guru tidak hanya menyampaikan seperti apa rumus luas jajargenjang, tetapi membimbing siswa untuk menemukan sendiri rumus luas jajargenjang tersebut. Di awal pembelajaran, dipaparkan pula beberapa konteks jajargenjang yang biasa mereka temui dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum melakukan kegiatan untuk menemukan rumus luas jajargenjang, terlebih dahulu siswa diingatkan tentang konsep luas persegi panjang, karena dalam menentukan rumus luas jajargenjang, pendekatan yang akan digunakan adalah pendekatan persegi panjang.

pertamina-salmanalfa-com_-1Untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, media power point dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang paling tidak dapat membuat siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran. Berikut salah satu contoh power point yang sekiranya dapat guru dan praktisi pendidikan gunakan untuk menjadikan pembelajaran menemukan rumus luas jajargenjang menjadi lebih menarik.

Powerpoint Luas Jajargenjang:

Silakan klik flash point di bawah ini untuk menjalankannya.

Untuk mendownload power point di atas, silakan di sini:

Power Point

Author:

Simple but Strong Girl.. Belajar dan berbagi banyak hal dalam hidup, menjadikan hidup lebih bermakna.. tidak pernah ada yang sia-sia dalam hidup, selama bersyukur masih menjadi penguatmu..

4 thoughts on “The Area of Parallelogram

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s