Posted in Power Point

Media Pembelajaran Powerpoint: Bermain Puzzle Bilangan Bulat (Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan Bulat)

puzzle1

Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat merupakan salah satu materi awal yang diajarkan pada siswa kelas IV sekolah dasar di semester dua. Meskipun materi ini cukup dini diajarkan kepada siswa, ternyata hingga saat ini, kita masih menjumpai banyak siswa yang mengalami kesulitan saat menjumlahkan atau mengurangkan bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif. Kesulitan yang muncul sebagian besar adalah ketika menentukan tanda positif (+) dan negatif (-) pada hasil penjumlahan atau pengurangan yang mereka lakukan. Hal ini terjadi karena siswa belum memahami dengan baik konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat tersebut.

Untuk mengatasi kesulitan siswa, ada baiknya guru menggunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang lebih menarik agar siswa dapat memahami dengan baik bagaimana cara menjumlahkan dan mengurangkan dua bilangan bulat. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru adalah Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). PMRI menghubungkan suatu konsep dalam matematika dengan konteks dunia nyata siswa. Sehingga siswa akan lebih mudah memahami konsep tersebut.

Manfaat_Bermain_Puzzle200

Dalam mengajarkan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, salah satu konteks yang dapat digunakan adalah permainan puzzle. Siswa sudah mengenal bahkan sering memainkan permainan ini. Puzzle atau biasa pula dikenal dengan istilah bongkar pasang merupakan potongan-potongan gambar yang ketika disusun kembali akan membentuk suatu gambar atau bentuk yang utuh. Ada berbagai macam bentuk puzzle, diantaranya puzzle jigsaw, logic puzzle, construction puzzle, hingga puzzle dalam bentuk game komputer. Dengan permainan puzzle ini, diharapakan siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran dan akan lebih mudah memahami bagaimana melakukan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.

Berikut power point tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang dapat dijadikan alternatif agar pembelajaran menjadi lebih menarik.

Semoga Bermanfaat…

Author:

Simple but Strong Girl.. Belajar dan berbagi banyak hal dalam hidup, menjadikan hidup lebih bermakna.. tidak pernah ada yang sia-sia dalam hidup, selama bersyukur masih menjadi penguatmu..

2 thoughts on “Media Pembelajaran Powerpoint: Bermain Puzzle Bilangan Bulat (Menjumlahkan dan Mengurangkan Bilangan Bulat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s