Posted in Web-based Lesson

Web-based Lesson: Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat (Integer Addition and Subtraction)

add

Pembelajaran berbasis web atau yang bisa kita sebut dengan web-based lesson ini merupakan salah satu bahan yang saya sertakan di dalam blog ini. Web-based lesson merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan oleh guru, siswa, dan siapa saja yang berkecimpung di dunia belajar mengajar. Di dalamnya akan disajikan materi atau konsep matematika yang diajarkan di bangku sekolah. Pembelajaran dibuat lebih menarik dengan cara menyajikannya secara interaktif dengan menggunakan applet java maupun flash yang banyak disajikan secara online di internet. Guru maupun siswa dapat mengakses link dari applet-applet tersebut dan dapat menggunakannnya sebagai media pembelajaran yang tentunya berbeda dari yang biasa mereka lakukan sehari-hari. Pada pembahasan kali ini, materi yang akan disajikan adalah operasi pada bilangan bulat.

mikir

Bilangan bulat merupakan materi yang diajarkan di kelas IV Sekolah Dasar pada Semester Genap. Salah satu kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran ini adalah menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat. Materi ini mungkin tidaklah begitu rumit dan mudah dipahami oleh sebagian besar siswa. Namun pada kenyataannya di lapangan, masih banyak siswa yang tampak kesulitan ketika diminta melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat ini, terutama ketika akan mengoperasikan bilangan yang berbeda tanda (+ dan -). Untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan applet-applet yang dapat diakses dengan mudah melalui dunia maya. Applet-applet ini dapat membantu guruatau paling tidak menjadi sumber ide untuk menciptakan suatu media pembelajaran yang akan membantu siswa memahami konsep matematika.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai operasi pada bilangan bulat, mari kita mengingat kembali apa itu bilangan bulat.

Pernahkah kamu minum es? Bagaimana rasanya, dingin bukan? Es berasal dari air yang didinginkan. Misalnya, jika air yang suhunya 20°C didinginkan, maka suhunya akan turun menjadi 19°C, 18°C, 17°C, 16°C, dan seterusnya. Saat suhunya 0°C,  air akan membeku menjadi es. Jika es didinginkan terus, maka suhunya akan turun lagi, misalnya 1°C di bawah nol, 2°C di bawah nol, 3°C di bawah nol, dan seterusnya.

Pernahkah kalian melihat thermometer seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah? Kedua thermometer tersebut merupakan thermometer berskala Celcius dan Fahrenheit. Termometer (a) menunjukkan suhu 300 Celcius di atas angka nol. Bilangan 30 yang ditunjukkan oleh thermometer tersebut menyatakan bilangan positif. Sementara pada thermometer (b) menunjukkan suhu -300 Celcius. Bilangan 30 yang ditunjukkan thermometer (b) terletak di bawah angka nol dan bernilai negatif.

termo

Berdasarkan uraian tersebut diketahui bahwa bilangan yang lebih besar dari nol merupakan bilangan positif, sementara bilangan yang lebih kecil dari nol merupakan bilangan negatif. Sehingga bilangan yang terdiri dari nol, bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif disebut bilangan bulat.

Pada pembelajaran mengenai Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat ini, kita akan menggunakan applet yang terdapat pada situs  http://www.brainingcamp.com/content/. Untuk membantu memahami operasi pada bilangan bulat dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, kita akan menggunakan koin-koin (counters) yang berwarna merah dan biru. Koin berwarna biru diberi label positif yang mewakili bilangan bulat positif sedangkan koin yang berwarna merah diberi label negatif yang mewakili bilangan bulat negatif.

Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

Operasi bilangan bulat yang akan kita pelajari kali ini adalah penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Pembahasan mengenai penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat juga telah penulis posting di blog ini dalam bentuk media power point. Pada media tersebut, konteks yang kita gunakan adalah permainan puzzle. Pada pembahasan kali ini, konteks yang kita gunakan tidak begitu jauh berbeda dengan puzzle. Kita menggunakan apa yang telah tersedia pada applet. Untuk membuat pembelajaran lebih menarik, digunakan koin-koin (counters) untuk membedakan bilangan positif dan negatif. Koin biru mewakili bilangan bulat positif dan koin merah mewakili bilangan bulat negatif.

Sekarang, mari kita mulai pembelajaran mengenai penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

  1. Perhatikan penjelasan tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat berikut.
  2. Koin merah mewakili bilangan bulat positif sedangkan koin biru mewakili bilangan bulat negatif.
  3. Satu koin merah (-) dan satu koin biru (+) bernilai nol.
  4. Perhatikan pula penggunaan garis bilangan untuk penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat ini.

Sebelum menjalankan applet ini, silakan log in dahulu, sebagai students. Gunakan username: math_integer dengan password: integer. Dengan begitu, kalian dengan mudah dapat mengikuti pembelajaran pada applet tersebut. Pilih Topik “Integer Addition and Subtraction” Kita mulai dengan memilih menu “Lesson

Silakan mainkan applet berikut ini:

add

  • Bagaimanakah hasil dari 5 + 2 dan 5 – (- 2)?
  • Bagaimanakah hasil dari 5 – 2 dan 5 + ( – 2)?

Apa yang dapat kalian simpulkan tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dari penjelasan pada applet di atas?

Nah, jika kalian sudah paham, mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya. Agar kalian semakin paham, lakukanlah kegiatan berikut ini. Tentukanlah hasil dari penjumlahan dan pengurangan berikut ini:

soal

Untuk mengecek jawaban kalian, silakan cek pada applet berikut ini. Berikut penjelasan singkat mengenai penggunaan applet ini untuk mengecek jawaban kalian pada menu “Interactive

petunjuk

Yuk cek kembali jawabanmu di applet ini:

interactive

Selanjutnya mari kita menjawab beberapa pertanyaan pada menu “Questions“. Jawablah sepuluh pertanyaan tersebut dan dan periksalah pekerjaan kalian. Untuk menjawab pertanyaan mainkan applet di bawah ini.

quets

Sebagai latihan lanjutan, kerjakanlah soal-soal yang ada pada menu “Applications” dan  periksa kembali jawaban kalian. Menu ini memuat 5 buah soal penerapan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Jawablah soal-soal tersebut dengan memainkan applet berikut.

appl

Agar kalian semakin memahami operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, mari kita lanjutkan dengan mengerjakan latihan-latihan yang terdapat pada applet-applet berikut ini.

  • Untuk Latihan Penjumlahan Bilangan Bulat:

Mari memulai latihan dengan memainkan applet berikut. Klik dan drag keping-keping merah (-) dan hitam (+) tersebut sesuai dengan permasalahan yang diberikan. Klik “Continue” untuk melanjutkan ke perintah selanjutnya. Kemudian sederhanakanlah dengan menumpuk koin merah dan biru. Sekarang berapakah hasilnya? Cobalah!

add_nlv

Sudah bisa menjawab semua soal dengan benar? Yuk kita lanjutkan kembali dengan beberapa latihan berikut, supaya lebih mahir. Klik applet di bawah ini.

add by counters

add integer

  • Untuk Latihan Pengurangan Bilangan Bulat:

Mari memulai latihan dengan memainkan applet berikut. Klik dan drag keping-keping merah (-) atau hitam (+) tersebut sesuai dengan angka yang akan kalian kurangkan. Klik “Continue” untuk melanjutkan ke perintah selanjutnya. Kemudian tambahkanlah keping merah dan hitam sebanyak bilangan pengurang yang ada pada soal. Klik “Continue” lagi, kemudian keluarkanlah keping-keping tadi sebanyak bilangan pengurangnya. Sekarang berapakah hasilnya? Check jawaban kalian:

subst_nlv

Sekarang, lanjutkan ke latihan berikutnya pada applet berikut ini:

subtract by counters

subtract integer

Demikianlah pembahasan mengenai penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Masih banyak lagi applet-applet yang dapat kita gunakan untuk mempelajari materi ini, juga materi matematika yang lainnya yang sekiranya membuat siswa sulit untuk memahaminya. Applet-applet ini dapat menjadi media interaktif bagi siswa maupun guru dalam mempelajari dan mengajarkan suatu konsep matematika. Selain pembelajaran menjadi lebih menarik, siswa pun diharapkan mampu memahaminya dengan baik. Semoga bermanfaat.

Sebelum menjalankan applet ini, silakan log in dahulu, sebagai students. Gunakan username: mathematics dengan password: 123456. Dengan begitu, kalian dengan mudah dapat mengikuti pembelajaran pada applet tersebut.

Author:

Simple but Strong Girl.. Belajar dan berbagi banyak hal dalam hidup, menjadikan hidup lebih bermakna.. tidak pernah ada yang sia-sia dalam hidup, selama bersyukur masih menjadi penguatmu..

7 thoughts on “Web-based Lesson: Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat (Integer Addition and Subtraction)

  1. pa, brainingcampnya kalo login sbg student dngn user mathematics n kode 123456 sudah valid 30 des 2012. jadi gmn donk cr bukanya?

    1. de agni, silakan dibuka kembali dengan user baru: math_integer dan password: integer.
      selamat belajar..
      berikutnya nti akan sy posting materi lain yang lebih menarik dengan menggunakan applet2 lainnya.. selamat mencoba..
      ^_~

  2. oh iya, maaf kemarin karena web-based lesson sy sertakan applet yg trialnya, so hanya bisa digunakan untuk 10 hari. sdh sy buatkan kelas baru, silakan gunakan user: math_integer, password: integer.
    trims
    ^_~

  3. Asslm… mb umi salam kenall …mb saya juga menggunakan kancing dalam pembelajaran bil bulat …bagaimana ya kalau sudah sampai dengan bilangan yang lebih besar contoh 125+(-56) =
    terima kasih

    1. salam kenal juga mba dian…
      kalau menurut saya, saat sudah masuk ke bilangan bulat yg ckup besar, media kncing sebaiknya tdk ush digunakan, sdh tdk efisien lagi. Ada baiknya, gunakan kncing sbgai media untuk menanamkn knsep. kalau siswa sdh memahami setiap bntuk operasi bil.bulat, kita bsa beralih ke bilangan blt yg lebih bsr. Tanamkn dlu konsepnya dengan menggunakan bilangan yg sdrhana, bru yg ke lebih besr (kompleks)
      trims
      ^_~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s