Posted in Discussion

Blackboard, Pintar Tanpa Plagiarism

Budaya plagiarism memang sudah menjamur di mana-mana. Khususnya di kalangan pelajar dan mahasiswa, plagiarism bukan lagi dianggap sebagai sesuatu yang memalukan. Jika ada tugas yang harus diselesaikan, langkah amannya adalah tinggal meng”copy paste” ajah punya teman, atau minimal tinggal caplok apa yang ada di internet. “Ah gampang, tinggal cari di internet ajah, banyak kok, copy-paste ajah” itu kata-kata yang mungkin sering kita dengarkan atau bahkan keluar dari mulut kita sendiri saat menghadapi tugas yang sudah jatuh tempo. Kemudahan akses internet juga banyak membuat terlena kaum pelajar saat ini. Banyaknya informasi yang disuguhkan di dunia maya menjadikan pelajar malas untuk berpikir kreatif dan menuangkan ide-ide mereka yang pastinya tak kalah hebatnya.

Plagiarism…

book

Nah beberapa bulan yang lalu, saat seorang teman yang baru saja menyelesaikan studinya di Belanda menceritakan pengalamannya tentang betapa orang Belanda sangat menghargai ide-ide kreatif, saya pun tersentak kaget. Bleg!! Plagiarism tidak dihargai di sana. Semua tugas yang diselesaikan memang hasil pemikiran mereka, bukan contekan. Lah ko bisa? Emang dosennya sebegitu pintarnya untuk melacak, mana tugas mahasiswanya yang hanya nyontek saja, mana yang “copy-paste”, mana yang ngerjain sendiri? Yah, di samping dosennya memang orang-orang yang qualified, ada satu sistem yang memang mampu  untuk melacak mana tugas mahasiswa yang hanya plagiat saja. Blackboard namanya.. Eits, bukan papan tulis seperti yang kalian biasa lihat, tapi sebuah sistem yang sangat membantu perkuliahan para mahasiswa di Belanda. Tidak bisa dipungkiri memang, mengapa pendidikan di Belanda menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Blackboard digunakan di hampir seluruh universitas di Belanda, mungkin pula di Eropa. Utrecht University, Wageningen University, dan Erasmus University adalah beberapa dari universitas di Belanda yang menggunakan blackboard ini. Blackboard memberikan semua informasi perkuliahan yang dibutuhkan oleh mahasiswa, mulai dari daftar mata kuliah, syllabus, tugas-tugas, informasi tentang dosen, hingga jadwal ujian. Pengumpulan tugas-tugas pun dilakukan melalui blackboard ini. Tapi satu hal yang menarik dari blackboard adalah adanya plagiarism checker. Sistem ini mampu mengecek tingkat kemiripan tulisan yang telah disubmit dengan ratusan paper yang ada dalam database. Berapa persen tingkat kemiripannya, bagian mana yang di”copy paste” serta sumber paper yang dianggap mirip bahkan sama dengan paper yang disubmit pun terdeteksi dengan detail.

Jika sebuah paper terdeteksi sebagai buah dari plagiarism, harga mati yang sudah pasti akan ditanggung si penulis pun adalah “failed”. Boleh-boleh saja memperkaya tulisan sendiri dengan menggunakan karya orang lain, namun bukan berarti boleh meng”copypaste” begitu saja tulisan orang lain.

Duplicate content

Kembali berpikir, seandainya sistem ini mampu diterapkan di Indonesia, mungkin budaya plagiarism berangsur-angsur akan terkikis. Bukankah anak Indonesia banyak yang kreatif dan juga mampu bersaing dengan anak-anak di belahan bumi lain? Kemudahan akseslah yang membuat mereka malas untuk menciptakan sesuatu yang memang hasil dari pemikiran mereka sendiri. Plagiarism tidak lagi dianggap sebagai sebuah kesalahan, namun menjadi sesuatu yang wajar. Sistem blackboard sebenarnya dapat menjadi salah satu solusi pemberantasan plagiarism di Indonesia, khususnya dalam hal plagiarism paper dan tugas-tugas perkuliahan. Salah satu sistem yang sebenarnya dapat kita contoh dari Belanda, salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia.

Referensi:

http://edukasi.kompasiana.com/2013/04/20/belandalicious-553252.html

http://ofi3.blogspot.com/2012/07/melek-teknologi-tanpa-copy-paste.html

http://ppibelanda.org/node/netherland-my-experiences

Author:

Simple but Strong Girl.. Belajar dan berbagi banyak hal dalam hidup, menjadikan hidup lebih bermakna.. tidak pernah ada yang sia-sia dalam hidup, selama bersyukur masih menjadi penguatmu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s