Posted in Discussion

Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013: Perubahan Energi dan Konsep KPK

Kurikulum 2013 yang baru mulai diterapkan di tahun ini, 2013. Penerapan memang belum dilaksanakan di semua kelas di setiap jenjang pendidikan. Penerapan Kurikulum 2013 baru dilaksanakan di kelas I dan IV Sekolah Dasar (SD), kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). Di tingkat SD, kompetensi pembelajaran dikembangkan melalui pembelajaran tematik integratif yang dilaksanakan dengan pendekatan sains. Pembelajaran tematik meliputi berbagai mata pelajaran yang disajikan secara terpadu dengan tema sebagai pemersatu.

Berikut salah satu contoh penerapan pembelajaran tematik integratif yang diterapkan di kelas IV Sekolah Dasar. Pembelajaran ini dilaksanakan dengan mengintegrasikan pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia dengan Tema Selalu Berhemat Energi dan subtema Pemanfaatan Energi. Pada materi ini siswa mempelajari tentangenergi dan perubahannya serta dikaitkan pula dengan konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK). Video pembelajaran berikut salah satu bentuk pembelajaran yang berlangsung di kelas.

Berikut pula disajikan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) untuk memberikan gambaran secara garis besar pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung di kelas. Untuk mendownload contoh RPP dan LKS dapat didownload di bawah ini:

RPP Pembelajaran KPK: download

LAS Pembelajaran KPK: download

Author:

Simple but Strong Girl.. Belajar dan berbagi banyak hal dalam hidup, menjadikan hidup lebih bermakna.. tidak pernah ada yang sia-sia dalam hidup, selama bersyukur masih menjadi penguatmu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s